Sudahkah Koleksi Kemeja di Lemari Sesuai Tipe Wajah Anda?

Apakah anda bisa menentukan kemeja yang sesuai dengan tipe atau bentuk wajah? Tentu saja bisa. Caranya adalah dengan memperhatikan detil pada bagian kerah kemeja.

Kemungkinan besar kebanyakan pria tidak memperhatikan detil pada bagian ini. Padahal dengan memilih kerah kemeja sesuai bentuk wajah dapat memberikan perbedaan yang signifikan pada penampilan Anda.

Kerah kemeja yang paling umum adalah jenis classic/traditional collar dan button-down collar. Kedua jenis kerah kemeja tersebut adalah yang paling banyak dijual di department store. Jadi apapun bentuk wajahnya, kebanyakan pria mungkin menggunakan salah satu dari jenis kerah kemeja tersebut.

Bentuk wajah setiap orang tidaklah sama. Maka dari itu, banyak jenis kerah kemeja diproduksi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pemilihan kerah kemeja adalah salah satu poin penting dalam berpenampilan. Ada baiknya Anda tidak menganggap sepele hal ini. Dengan memilih kerah kemeja yang benar, pengaruhnya cukup besar pada penampilan Anda.

Tentukan Tipe Wajahmu Dulu Sebelum Memilih Kerah Kemeja

Setidaknya secara garis besar ada 6 tipe wajah yaitu bulat, kotak, oval, segitiga, berlian dan hati. Setiap tipe wajah tersebut punya jenis kerah kemeja yang cocok

https://i0.wp.com/fashionpria.com/wp-content/uploads/2014/05/tipe-jenis-bentuk-wajah-pria-4.jpg

*6 Tipe Wajah Pada Manusia

  • Segitiga: Bagian terbesar ada di rahang. Paling kecil pada dahi. Mengerucut dari rahang ke dahi membentuk segitiga. Tulang pipi lebih kecil dan ukuran panjang wajah tidak tentu.
  • Oval: Panjang wajah lebih besar dari lebar tulang pipi. Dahi lebih besar dari rahang. Sudut rahang bulat.
  • Bulat: Tulang pipi dan panjang wajah memiliki ukuran yang sama, lebih besar dari dahi dan rahang. Sudut rahang tidak melengkung tajam.
  • Diamond: Dagu berbentuk runcing. Panjang wajah adalah yang besar proporsinya. Jika diurutkan dari proporsi terbesar ke terkecil adalah, panjang wajah, tulang pipi, dahi kemudian rahang.
  • Kotak: Berbentuk kurang lebih seperti persegi. Memiliki sudut rahang yang tajam.
  • Hati: Bagian alis dan dahi lebar. Memiliki rahang yang sempit dan dagu cenderung runcing.

Manfaat utama mengetahui kerah kemeja yang cocok sesuai wajah Anda adalah selain dapat meningkatkan penampilan, juga menjadi lebih hemat dalam belanja pakaian. Sangat disayangkan jika Anda membeli kemeja mahal tapi kenyataannya tidak cocok pada wajah Anda.

Maka dari itu, untuk mengetahuinya silahkan perhatikan penjelasan berikut:

https://i0.wp.com/fashionpria.com/wp-content/uploads/2014/05/memilih-kerah-kemeja-pria.jpg

Wajah tipe berlian (diamond) dan tipe hati (heart) baiknya gunakan kerah jenis spread collar, baik yang medium spread , varsity spread ataupun wide spread.

Wajah tipe oval adalah yang paling gampang untuk mencari jenis kerah kemeja. Ia bisa menggunakan jenis kerah apa saja.

Wajah tipe bulat dan kotak baiknya menggunakan kerah jenis yang paling umum dan klasik. Traditional collar, narrow point collar, button down collar, tab collar dan hidden button collar. Jenis kerah seperti inilah yang biasanya banyak di pasaran.

Wajah tipe segitiga adalah wajah yang unik. Memiliki sudut dan kombinasi ukuran yang tidak sederhana. Jenis kerah yang cocok untuk wajah tipe segitiga adalah medium spread collar.

Intinya, jika wajah anda melebar kesamping, gunakan kerah yang agak panjang dan tajam kebawah. Jika wajah Anda lonjong atau panjang, gunakan kerah yang pendek dan lebih melebar.

Semoga dengan artikel ini, pembaca sekalian menjedi lebih paham bahwa memilih kemeja tidak hanya soal ngepasin” ke badan saja. Tapi pemilihan kerah kemeja yang sesuai dengan bentuk wajah juga tidak kalah penting. Mulai sekarang, kenalilah dulu tipe wajah Anda apa, kemudian pilihlah kerah kemeja yang cocok.

Leave a comment